Home » » Kecerdasan Berdasarkan Pertanyaan Dan Jawaban

Kecerdasan Berdasarkan Pertanyaan Dan Jawaban




Jika ingin mengetahui tingkat kecerdasan seseorang, kita bisa melihat dari sisi pertanyaan yang di lontarkan dan jawaban yang di berikan. Jadi tidak semua orang atau siswa yang sering bertanya menandakan orang yang bodoh tetapi juga tidak semua orang yang serba bisa menjawab pertanyaan dianggap sebagai orang yang pintar atau cerdas. Kebanyakkan siswa berusaha menampilkan sisi kecerdasannya masing-masing untuk menutupi kebodohannya tersebut, dengan berbagai macam cara mulai dari gengsi bertanya dan selalu sok menjawab, bahkan terkadang dia sendiri bingung dengan jawaban yang dia berikan. Nah untuk itu kita mencoba untuk menguraikan kecerdasan berdasarkan pertanyaan dan jawaban, agar siswa benar-benar terlihat cerdas dan bahkan membuatnya menjadi lebih cerdas lagi. Sekali lagi sekiranya ulasan ini memang mengada-ada maka anggap saja angin lalu, tetapi jika memang sesuai dengan realita, maka bisa di jadikan bahan saling berbagi ilmu.


A. Apakah jika seseorang yang sering bertanya menandakan dia orang yang bodoh ?
- Mitos
- Fakta

Jawabanya = Justru dengan sering bertanya maka menandakan bahwa orang tersebut adalah orang yang cerdas, lalu jawaban dari soal di atas mitos atau fakta....?? Tergantung, dari motif dan niat bertanya, jika bertanya memang ingin tahu maka dia adalah orang yang cerdas karena memiliki keingintahuan terhadap sesuatu yang memang tidak di ketahui dan berusaha menghilangkan kebodohan yang ada padanya terhadap hal yang di tanya. Sedangkan jika niat bertanyanya hanya ingin menjatuhkan yang di tanya atau ingin mencari kelemahan si penjawab maka ini adalah orang yang kurang pintar atau kurang cerdas, Di sisi lain pertanyaan yang di lontarkan akan terlihat tidak bermutu, karena sebenaranya seseorang yang ingin terlihat cerdas tidak perlu mengangkat dirinya dengan menjatuhkan orang lain, tetapi dia akan terangkat dengan sendirinya sebagai akibat dari ilmu yang dia miliki.

B. Apakah seseorang yang serba menjawab pertanyaan menandakan dia orang cerdas ?
- Mitos
- Fakta

Jawabanya = Justru dengan serba menjawab semua pertanyaan maka orang ini akan diragukan kecerdasannya, bahkan dengan jawaban itulah yang akan menggambarkan bahwa dia adalah orang yang bodoh atau cerdas. Sesungguhnya orang yang memang cerdas ia akan menjawab apa yang ia tahu dan tidak akan menjawab terhadap hal yang memang dia tidak tahu. Karena seseorang yang cerdas megatahui dampak dari jawaban yang salah, Sehingga jika ia tidak mengetahui jawaban tersebut maka dia akan menjawab "Saya tidak tahu". Tapi bukan berarti setiap pertanyaan kita jawab dengan " Tidak tahu",  Jika kita mengetahui jawabannya maka wajib bagi kita untuk menjawab pertanyaan tersebut, karena menyembunyikan sebuah ilmu itu di haramkan.

"Jadi, kesimpulannya bertanyalah jika memang ingin mengetahui hal-hal yang di tanyakan, dan menjawablah jika memang mengetahui jawaban yang ditanyakan"


0 komentar: